Senin, 30 Juli 2012

“ We Care “ di Yayasan Sekar


Satu sore bersama  komunitas peduli “ We Care “ di Yayasan  Sekar  untuk anak jalanan

Sahabatku Ibu Melanie salah satu dosen di Universitas Binus dan Trisakti adalah sosok  Dosen  yang luar biasa, selalu ingin peduli entah bagaimana caranya dan entah bergandengan di komunitas  yang mana. Dan yang menarik  adalah ketika dia membuat posting tentang acara  buat anak jalanan yang ada di sekitar Penjaringan Muara Baru Jakarta Utara tepatnya.

Saya diminta untuk memberikan semangat sedikit mengingat Bu Melanie sangat mengerti dengan  kepedulian  saya terhadap anak anak juga. Akhirnya saya menerima  ajakan beliau dan jadilah kami hanyut dalam acara yang menurut saya cukup menghibur anak anak dan warga setempat.

Begitu ketemu dengan ketua Yayasan Bp.Wardoyo, spontan saya seperti mengingat sosok beliau yang sudah pernah saya temui dua tahun yang lalu dengan komunitas anak mahasiswa IBI.Bp.Wardoyo juga mengakui dan memohon maaf permintaan saya untuk bertemu kembali memperlihatkan  hasil karya mereka belum terealisasi karena hilangnya komunikasi.

Kali ini mereka sudah menempati 4 ruko yang dipersembahankan  di oleh Gerakan Artha Graha Peduli, dimana  anak asuhnya yang tertampung tinggal di dalam  ada 30 org, total keseluruhannya ada 389 dimana  301 anak sudah disekolahkan  dari Departemen sosial sampai SMA dan masih ada 88 anak yang belum sekolah.
Ternyata kendala yang dihadapi oleh Yayasan adalah mengalami banyak sekali kesulitan  untuk memberikan penyadaran kepada mereka untuk hidup lebih wajar dan menetap.Sehingga  butuh tenaga ekstra, hal ini dikarenakan mereka sudah terlalu lama hidup dalam lingkup yang benar benar bebas, sehingga mereka tidak nyaman berada didalam sebuah bangunan yang beraturan.

Untuk itu kemungkinan Rumah Moral akan bekerjasama dengan mereka  dengan membangun program yang bisa dilakukan oleh mereka  disekitar tempat tinggal tetapi tetap mereka bisa menghasilkan. Mengenai program seperti apa, akan dikaji lebih dalam lagi setelah lebaran  nanti.

Kepedulian komunitas We care yang spontanitas itu sangat luar biasa dan  menggambarkan betapa kepedulian itu ada hanya kadang mungkin  informasi sasaran  kepedulian yang tepat yang sering membingungkan.

Semoga kita semua terbangun kepedulian  yang mengedepankan dan merangkai perbedaan menjadi sesuatu yang indah.


Salam Peduli Moral dan mental anak Bangsa

Melly kiong



Tidak ada komentar:

Posting Komentar